Rabu, 28 September 2011

Kapal kargo SS gaiRsoppa

Tim Eksplorasi Laut Odyssey menemukan kapal kargo SS Gairsoppa yang karam di Samudera Atlantik pada Perang Dunia II. Kapal ini mempunyai sejarah besar bagi Inggris.


Pada 17 Februari 1941, sebuah torpedo Jerman menenggelamkan kapal ini. Sekitar 85 anak buah kapal beserta seluruh muatan kapal ikut tenggelam. Kapal sepanjang 125 meter ini ditemukan pada kedalaman 4700 meter dari permukaan laut. Lokasi kapal terletak di perairan internasional, sekitar 482 km dari tepi pantai Irlandia.
Dalam catatan sejarah disebutkan, kapal yang diawaki oleh 85 orang itu semula akan menyeberang ke wilayah Irlandia dari India. Namun, di tengah laut dihantam torpedo oleh tentara Jerman pada Perang Dunia II. "Hanya seorang yang selamat."

Meskipun keadaannya terseok-seok, kapal ini mencoba kembali ke Inggris. Namun, akibat bahan bakar menipis dan cuaca buruk, kapal mencoba merapat ke Pelabuhan Galway. Tapi naas, Jerman menghantamnya lagi sehingga mencium dasar laut.

Untuk menemukan bangkai kapal ini tak mudah. Dua dari tiga anggota awak kapal di lifeboat meninggal karena medan di dalam laut sangat berat. Kapal yang memiliki panjang 125 meter ini tenggelam di perairan sedalam 4.700 meter di Laut Atlantik Utara atau 300 mil laut (483 meter) dari pesisir pantai Irlandia.
Andrew Craig, Manajer Senior Proyek Adyssey Marine, mengatakan, "Kami telah menyelesaikan tahap pertama proyek ini usai mengetahui lokasi dan mengidentifikasi bangkai kapal. Sekarang kami sampai pada fase perencanaan recovery."

Pekerjaan selanjutnya, jelas Odyssey, akan dimulai pada kuartal pertama 2012. Mereka akan mengangkat tujuh juta ons perak senilai Rp 2 triliun, emas lantakan murni yang telah diasuransikan oleh pemerintah Inggris, koin negara, dan logam batangan.

Kini, bangkai kapal ditemukan dan siap diangkat ke daratan. Pengangkatan ini merupakan proyek besar bagi Odyssey. Pasalnya, kapal ini mengangkut tujuh juta ons (218 ton) perak saat tenggelam. Harganya, ditaksir sekitar 155 juta poundsterling atau Rp2,1 triliun.

Odyssey memenangkan tender dari pemerintah Inggris untuk pencarian dan pengangkatan kapal tersebut dari dasar laut. Berdasarkan kesepakatan, Odyssey akan mendapatkan 80 persen dari nilai perak yang terdapat di kapal tersebut.
Odyssey Marine saat ini tengah berperkara di pengadilan dengan pemerintah Spanyol menyusul menemuan 500 ribu koin emas di Samudera Atlantik pada tahun 2007. Pemerintah Spanyol meyakini kapal yang karam tempat koin emas itu ditemukan adalah kapal mereka, Nuestra Senora de las Mercedes, yang tenggelam tahun 1804. Kasusnya masih bergulir di pengadilan AS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar