Jumat, 07 Oktober 2011

Sejarah Naga

1.Naga
Banyak orang yang mempercayai jika Naga itu hanyalah sebatas fantasi , namun tidak sedikit pula lho orang yang mempercayai mereka ini pernah eksis di Bumi (zaman Jurassic).
jika makhluk itu benar-benar eksis , maka kita pasti mengakui bahwa naga adalah hewan terkuat yang pernah hidup di bumi ini.
Makhluk itu dikisahkan tidak saja memiliki sifat ganas, tetapi turut juga memiliki kekuatan mistik yang tidak bisa ditemui pada hewan-hewan purba lainnya.
Naga yang sering dikisahkan dalam legenda mampu mengeluarkan semburan api panas . Tidak hanya itu, makhluk yang satu ini juga dapat terbang layaknya pterodactyls , bahkan ada jenis naga yang dikisahkan dapat menyelam dalam air , layaknya The Megalodon.
Ada legenda suatu bangsa yang menceritakan bahwa naga menyimpan mutiara di mulutnya dan mutiara itu menghasilkan kekuatan mistik untuk memberikan berbagai kelebihan kepada siapa saja yang berhasil memperolehnya.
Dalam film Hollywood ‘Reign Of Fire' yang diproduksi pada tahun 2002 , mencoba untuk menghidupkan fantasi-fantasi itu dan hasilnya, jelas manusia kalah ketika berhadapan dengan ancaman naga. Begitu hebatnya kisah-kisah mengenai naga yang sering digembar-gemborkan dalam film maupun buku fiksi .
Namun, hingga kini persoalan naga memang benar-benar eksis atau sekadar mitos/legenda dari kebudayaan masyarakat tertentu masih meninggalkan sebuah tanda tanya besar.
Sesuatu yang menarik mengenai naga adalah ia bukan sekadar kepercayaan atau mitos bagi masyarakat tertentu saja , sebaliknya cerita mengenai naga terdapat dalam budaya dari berbagai bangsa di seluruh dunia.
Kisah-kisah legenda suatu bangsa tentunya memiliki perbedaan dengan bangsa lainnya , ciri-ciri dan gambaran mengenai naga juga berlainan mengikut cerita setempat.
Dikatakan terdapat lebih 30 jenis naga yang berbeda bentuk fisiknya dan fungsi dalam berbagai legenda dan kebudayaan di seluruh negara.
Bangsa Cina cenderung mengatakan ia memiliki badan berbentuk ular, muka seakan-akan mirip dengan kuda, tanduk seperti rusa, kuku-kuku yang runcing , bersisik dan mampu terbang.
Masyarakat Barat , menggambarkan naga menyerupai Tyranosaurus tetapi memiliki sayap untuk terbang. Kebanyakan naga digambarkan sebagai hewan reptilia dan berkembang biak dengan cara bertelur.
Di Thailand , terdapat ukiran naga yang berbentuk seperti ular tetapi hewan itu memiliki tujuh kepala , di Vietnam imajinasi naga menggabungkan image buaya, ular, biawak dan burung.
Dalam legenda Yunani kuno, terdapat banyak kisah mengenai naga , terutama cerita yang menggambarkan hewan itu sebagai penjaga harta karun.
Mengikut catatan pengembaraan Herodotus yang juga digelari sebagai ‘bapak sejarah dunia', ketika beliau melawati Judea sekitar 450 Sebelum Masehi (SM), dia mendengar cerita dari penduduk setempat mengenai seekor naga yang dikurung dalam sangkar raksasa.
Didorong perasaan ingin tahu, Herodotus mengembara ke kawasan itu dan menjumpai banyak kerangka berbentuk ular. Sejarawan itu kemudian menulis bahwa kerangka-kerangka tersebut merupakan sejenis makhluk purba yang terbang dari Tanah Arab ke Mesir , tetapi didalam perjalanannya hewan itu bertarung dengan predator lainnya dan kemudian kalah terbunuh.
Mengikut catatan pengembaraan Marco Polo , ketika beliau bersama prajurit-prajuritnya melintasi kawasan padang pasir di suatu tempat yang dikenali sebagai Anatolia untuk menuju ke Persia, dikisahkan bahwa mereka diserang naga yang berterbangan.
Kini timbul suatu persoalan lain apabila menceritakan mengenai makhluk-makhluk itu. Apakah naga adalah spesies hewan purba yang hidup sezaman dengan dinosaurus? Dan mungkinkah naga turut punah bersama para dinosaurus 65 juta tahun silam?
Tanggapan bahwa naga adalah makhluk purba pada zaman dinosaurus muncul dari ahli sejarah purba China, Chang Qu, yang mencatatkan mengenai penemuan rangka yang diyakininya sebagai rangka naga di Wucheng di Wilayah Sichuan, China pada 300 SM.
Tapi ,bagaimanapun juga banyak pihak yang skeptic mengatakan kerangka-kerangka itu bukanlah kerangka naga namun mungkin saja merupakan fosil kerangka salah satu species dinosaurus.



Bangsa dan negara yang memiliki kisah naga :

• Cina : disebut Long, berbentuk ular dengan empat kaki yang berkuku
• Vietnam : disebut Rong
• Jepang : disebut Ryu, memiliki tiga kuku tajam
• Korea : disebut Yong ( naga langit) , Yo (naga laut) dan Kyo (naga gunung)
• Siberian : disebut Yilbegan - India : dikenali Vyalee dan banyak diukir di kuil di Selatan India.
• Germanic dan Scandinavian : disebut Lindworm, berbentuk ular besar yang berkaki dua.
• Wales : disebutY Ddraig Goch, naga merah yang tertera pada bendera negeri itu.
• Hungarian : disebut Zomok, berbentuk ular yang tinggal dalam paya dan sering memangsa khinzir atau biri-biri. Sárkánykígyó, berbentuk ular berkepak. Sárkány, naga berbentuk manusia yang memiliki banyak kepala.
• Slavic : disebut Zmey, Zmiy dan Zmaj , menyerupai naga Eropa tetapi memiliki banyak kepala , dapat menyemburkan api.
• Romanian : disebut Balaur, memiliki sirip, berukuran besar dan berkepala banyak.
Chuvash : disebut Vere Celen , Amerika- Meso-amerika : disebut Amphitere , Inca : disebut Amaru , Brazil: dikenali sebagai Boi-tata.
Arkeolog Cina Memburu Naga Dari hasil penggalian itu, ditemukan 479 potong bukti-bukti yang mengarah tentang keberadaan ular naga, dalam bentuk fosil rahang dan bagian tubuh lainnya yang diduga merupakan bagian tubuh dari seekor ular besar. Termasuk tiga potong patung naga yang terbuat dari batu giok halus, yang ditemukan dari kuburan kuno. Konon temuan giok patung naga itu, hampir sama dengan temuan hasil ekskavasi di Desa Sanxingtala pada tahun 1970. Desa ini masuk dalam wilayah kota Cipeng di Monggolia Dalam.
Profesor So Bingqi, seorang arkeolog terkenal di Cina dan merupakan Ketua Asosiasi Arkeolog Cina mengungkapkan, temuan terbaru itu masih harus diteliti lebih jauh. Terutama dengan uji karbon, untuk mementukan umur binatang purba itu dan merekonstruksi seluruh bentuk fisiknya.
Penggalian dilakukan lebih dalam lagi, untuk mencari bagian fosil lainnya yang bisa membuktikan, apakah fosil itu merupakan binatang melata biasa atau memang seekor naga yang diduga hidup lebih muda beberapa ribu tahun dari zaman binatang purba Dinosaurus, T-Rex, Brontosaurus dan binatang-binatang purba lainnya.
Namun dari ukuran tubuh, yang bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan sejenis dinosaurus, diduga kuat temuan itu memang adalah sejenis ular pemangsa. Karena terlihat dari taringnya yang sangat tajam yang mengarah ke dalam, seperti halnya pada binatang pemangsa lainnya yang ditemukan lebih dahulu seperti keluarga T-Rex. Namun dari fosil-fosil yang ditemukan, makhluk ini memiliki tubuh yang sangat panjang kurang dari 30 meteran dengan fosil membentuk seperti formasi ular.
Penelitian di sekitar lembah Sungai Liachoe masih terus dilanjutkan para arkeolog, untuk menentukan apakah temuan ini hanya satu-satunya bukti atau masih ada yang lain. Ternyata dugaan dari para arkeolog itu tidak sia-sia, penggalian di "Red Mountain Goddes", ternyata ditemukan bukti lainnya yang saling mendukung. Temuan serupa di lokasi ini, menemukan beberapa bukti lain yang menguatkan keberadaan naga itu.
Baik arkeolog Bingqi maupun Daahun, anggota Tim Kerja pencari bukti keberadaan naga itu menyimpulkan, ular yang selama ini dimitoskan memang ada. Hanya apakah bentuknya memang sempurna, seperti naga yang digambarkan dalam bentuk patung seperti di biara atau hanya ular purba biasa? Semua itu masih dalam tanda tanya. Para arkeolog masih mencari bukti-bukti lain, dan merekonstruksinya secara sempurna.
Untuk sementara, mereka berhasil merekonstruksi temuan fosil itu adalah sejenis binatang ular purba. Hal ini terlihat jelas, dari kerangka kepala yang mengarah pada sebuah kerangka ular. Namun masih belum sempurna, karena beberapa bagian lain yang diduga berupa tulang rawan bentuknya masih samar-samar. Tapi semua arkeolog meyakini, fosil itu adalah fosil naga, nenek moyang ular-ular sekarang.
Mengenai keraguan bentuk naga sebenarnya, untuk sementara mereka bersepakat gambaran patung-patung naga yang dibuat sejak ribuan tahun lalu, diduga kuat itu mewakili bentuk ular naga sebenarnya meski bukti-bukti pendukungnya masih dideteksi.
Mereka juga bersepakat, gambaran yang ditemukan dalam bentuk patung giok naga, patung dari hancuran emas dan perungu, yang diperkirakan berumur 8.000 tahun lebih, merupakan gambaran bentuk asli dari naga yang kini tinggal fosilnya.
Hanya saja, para arkeolog mempertanyakan, apakah kehadiran kehidupan naga itu bersinggungan dengan kehidupan manusia pada jamannya atau tidak. Kini teka-teki itu, masih harus dipecahkan oleh para arkeolog dengan menggunakan teknologi canggih untuk menentukan umur fosil itu secara pasti. Yang pasti, fosil yang tertimbun dalam kedalaman tanah itu diduga dahulunya adalah sebuah rawa-rawa besar.
Sementara mengomentari tentang temuan giok naga, dan coran emas dan merunggu, arkeolog mengatakan, penemuan itu termasuk penemuan yang paling berharga bagi para arkeolog Cina. Karena membuktikan, suku-suku bangsa Cina kuno ribuan tahun silam sudah biasa dalam membuat ukiran halus dengan peralatan yang sangat sederhana.
Namun kualitas buatannya, tidak kalah dengan hasil torehan masyarakat Cina sekarang.
Suku-suku yang hidup di sekitar lembah Sungai Liachoe, termasuk suku yang menetap. Mereka hidup antara 5.000 - 8.000 tahun silam, dan membentuk koloni kehidupan dengan budaya yang tinggi. Namun tidak diketahui pasti, mengapa pada akhirnya suku-suku itu harus meninggalkan lembah Sungai Liachoe di jajaran pegunungan yang disebut Red Mountain
1,. teori / pendapat yang menguatkan

tanya : klo naga emang ada,... knapa ga pernah ditemuin fosilnya

jawab : naga kan bisa menyemburkan api,.. nah,keluarnya api dari mulut naga tu melalui proses kimia alami dalam tubuhnya (mirip kunang2 lah,.. dia ngeluarin lampu dari mana hayoo,....).. nah ketika naga mati,.. proses kimia ini terjadi kembali tanpa ada kontrol,.. sehingga membakar jasad sampai ketulang tulang mahluk ini,.. itulah sebabnya knpa ga pernah ditemukan fosil naga

2. pendapat yang melemahkan


para penduduk cina yang meyakini naga sangat bergantung pada aliran sungai kuning,.. nah karena banyaknya berkah ato rejeki karena sungai kuning ini,... maka beberapa pujangga china menciptakan sesosok mahluk yang mewakili dewa rejeki dari bentuk aliran sungai kuning,.. yaitu bentuk ular yang sangat panjang


Jenis-jenis Naga
1.dari Asia


- Naga / Nogo (naga dari indonesia)



kepercayaan akan Naga menyebar di seluruh wilayah Indonesia,. khususnya bagi wilayah yang dulu pernah menganut kepercayaan hindu yang sangat kuat,. seperti saudaranya yang hidup di india,. Naga indonesia digambarkan sebagai sesosok mahluk suci,bijaksana dan menempati wilayah wilyah yang dianggap suci seperti pegunungan, hutan atau lautan ,. Kisah tentang Naga yang paling terkenal di indonesia adalah kisah pewayangan yang berjudul [b]dewa ruci[./B],. dimana wrekudara berganti nama menjadi Bima setelah mengalahkan seekor naga ketika mencari air suci di gung thelenging samudra (ujung lautan)

- Neak (naga dari Kamboja)

cerita tentang Naga kamboja ini sebernarnya berasal naga india,. bentuknya kepalanya sperti ular Cobra yang jumlahnya biasanya lebih dari 9 buah ,. jumlah kepala inilah yang konon kabarnya menentukan kelas diantara para Naga.. bentuk kepala Neak yang paling besar menyimbolkan kejantanan para pria,. sedangkan bentuk kepala lainnya saja menyimbolkan kekuatan wanita...
Lóng atau Loong. "Lung" (naga dari China)


Naga asia ini juga sangat terkenal di sepanjang asia timur,.. lebih terkenal dengan nama Naga oriental (eastern Dragon),. berwujud seperti ular dengan empat buah cakar,.. di China, Naga adalah simbol kekuatan,. naga sering disebutkan dalam berbagai kesenian dan legenda rakyat di china. gambaran tentang Naga dicina adalah... berkepala seperti unta dengan dua buah tanduk,. mata merah atau kuning meyala,. badannya seperti ular,. perut seperti buaya,. kaki seperti harimau,. cakar seperti cakar elang dan bersisik seperti ikan


- Ryu (naga dari Jepang)




bentuknya sama dengan naga dari China,. mereka dikenal sebagai sesosok mahluk baik dan suci,., diasosiasikan dengan elemen air dan mahluk ini konon dapat mengabulkan semua keinginan.
Bakunawa (naga dari philipina)



bakunawa berwujud sepertu ular raksasa yang hidup di lautan,.. orang orang philipna kuno meyakini bahwa matahari atau bulan telah ditelan oleh bakunawa ketika gerhana terjadi. .. diceritakan bahwa dahulu kala,. Bakunawa keluar dari lautan dan ingin menelan bulan,. agar Bakunawa tidak memakan bulan,. ketika terjadi gerhana, orang orang jaman dulu keluar dari rumah dengan membawa paci atau teko,. lalu mebuat kegaduhan dengan alat alat dapur tersebut agar bakunawa takut dan kembali ke laut.
Yong / Mireu (naga dari Korea)


naga langit yang berwujud sama dengan Naga cina,. seperti legenda Naga di China,. Yong dan naga Korea lainnya diasosiasikan dengan elemen air dan udara,. orang korea asli mengenal yong dengan nama Mireu.

- Imoogi (naga dari Korea)


Naga laut tak bertanduk,. bentuknya hampir sama dengan ular laut.

- Gyo (naga dari Korea)


Naga Gunung.
Rong atau Long (naga dari Vietnam)



Tubuh naga ini konon bercahaya,. terbagi atas 12 bagian yang masing masing menyimbolkan 12 bulan dalam setahun,. menurut legenda,. Naga ini dapat mengubah cuaca dan bertanggung jawab atas kesuburan tanaman,. barambut panjang pada kepalanya,. berjanggut,. berkumis, .matanya bersinar indah,. tidak memiliki tanduk,. taringnya sangat besar,. memiliki lidah yang panjang dan tipis,. mahluk ini menyimpan châu
[(batu mustika) di mulutnya (symbol dari kemanusiaan, kemuliaan dan pengetahuan)

makara (naga dari Siam)




Monster Ghaib dari lautan yang bertubuh seperti ular,. berbelalai dan berkepala mirip singa, buaya atau Naga.



- Yilbegan (naga dari Siberia)

Hampir sama dengan Naga dari Eropa
2.dari Eropa


- Dragon (naga dari perancis)


Naga ini tergambar dalam simbol pasukan perang perancis type kavaleri,..


- scultone (naga dari sardinia)


Naga yang benama
"scultone" atau "Ascultone" telah melegenda diseluruh kawasan Sardinia , Italia selama beberapa milenium,. Monster ini memiliki kekuatan untuk membunuh manusia dengan tatapannya ,. mahluk ini sejenis dengan Basilik ,. habitatnya di semak belukar yang lebat,. dan diceritakan bahwa Monster ini hidup abadi .

- zomok (naga dari Hungaria)

Ular raksasa yang hidup di rawa rawa,. makanan utamanya adalah babi atau domba.. karena sering membunuh ternak,.. para penggembala biasanya memburu Monster ini


]- sárkánykígyó (naga dari Hungaria)

Ular raksasa bersayap,.. bentuk Dewasa dari Zomok ,. biasanya melayani para garabonciás (tukang sihir) ,. sárkánykígyó bisa mengontrol badai dan cuaca buruk lainnya

- sárkány (naga dari Hungaria)

Naga dengan bentuk manusia,. Monster bertubuh raksasa dan memiliki banyak kepala,.. kekuatannya terletak di kepalanya,.. Monster ini akan semakin lemah begitu satu persatu kepalanya terpenggal. kata sárkány digunakan masyarakat Hungaria untuk menyebut semua jenis Naga.
Balaur (Naga dari Romania)
sama dengan naga rusia

Vere Celen ( Chuvas Dragon)

Naga yang dikenal umat muslim di negara tsb


Cuélebre ( Naga Asturia)

dalam mythologi asturia, Cuélebre adalah ular raksasa bersayap hidup di gua gua dan menjaga harta karun. mahluyk ini bisa hidup sampai ribuan tahun,. nafasnya sangat beracun dan digunakan untuk membunuh mangsanya (sapi dan hewan ternak lainnya),. Nama [b]Cuelebre berasal dari bahasa latin colubra yang berarti ular[b]

Coca( Naga Portugis)

dalam mithologi portugis,. Coca adalah Naga betina yang bertarung dengan Saint George ,. mahluk ini kehilangan kekuatannya setelah Saint George memotong salah satu telinganya.

Ejderha atau Evren ( Naga Dari turki)

mengeluarkan api dari ekornya tidak memiliki sayap atau kaki.

Tiamat ( Naga Dari Babilonia)

ibu dari para dewa,. kulitnya sangat keras dan tak bisa tertembus senjata apapun.

Bakunawa (naga dari philipina)

bakunawa berwujud sepertu ular raksasa yang hidup di lautan,.. orang orang philipna kuno meyakini bahwa matahari atau bulan telah ditelan oleh bakunawa ketika gerhana terjadi. .. diceritakan bahwa dahulu kala,. Bakunawa keluar dari lautan dan ingin menelan bulan,. agar Bakunawa tidak memakan bulan,. ketika terjadi gerhana, orang orang jaman dulu keluar dari rumah dengan membawa paci atau teko,. lalu mebuat kegaduhan dengan alat alat dapur tersebut agar bakunawa takut dan kembali ke laut.
2. Manticore
Manticore adalah monster legenda yan berwujud hampir sama dengan Spinx di Mesir,.
mempunyai tubuh seperti singa yang berwarna merah
berkepala manusia dengan tiga buah taring
suaranya seperti terompet
beberapa orang mengatakan bahwa monster ini bertanduk
ekornya berbentuk seperti sengat kalajengking
sengatnya beracun, digunakan untuk melumpuhkan sampai membunuh korbannya.

mythologi tentang manticoreaslinya berasal dari
Persia , yang aslinya berjuluk "pemakan manusia" (berasal dari bahasa timur tengah kuno yaitu kata Martya yang berarti manusia dan Xwar yang berarti memakan ). manticore sendiri berasal dari bahasa inggris, terminologi dari bahasa latin mantichora. legenda tentang monster ini tersebar di daratan eropa dan pertama kali diceritakan oleh Ctesias, seorang paranormal dari yunani yang mengabdi pada raja Artaxerxes II
buku Description of Greece karya seorang ahli agama dari yunani bernama Pausanias menceritakan tentang manticore
monster yang digambarkan oleh Ctesias yang disebut martichoras berbentuk seperti harimau, tetapi memiiliki tiga buah taring dan sengat pada ekornya yang digunakan untuk mempertahankan diri,. ketika monster ini terluka,.dia bisa menembakan racun seperti panah yang terlepas dari busurnya. tetapi kupikir,. semua yang diceritakan Ctesias itu tidak benar,. tidak ada monster semacam ini (Description, xxi, 5)


sekarang ini,.. orang orang yang mempercayai keberadan manticore percaya bahwa monster ini menempati
hutan hutan di asia ,. terutama indonesia . manticore dipercaya sanggup membunuh korbannya dengan cepat, dengan menggigit atau mencakar kemudian memakan seluruh tubuh korbannya sampai ketulang tulangnya. .... alasan beberapa orang mempercayai monster ini walaupun belum pernah ada bukti bukti yang memperkuat keberadaannya adalah.. monster ini pemburu yang sangat handal,. tak terlihat atau terdengar oleh mangsanya .. ketika ada seseorang yang hilang dalam hutan dan tidak ditemukan mayatnya,. mungkin itu adalah ulah deari manticore.

3. Unicorn
Evolusi unicorn [/b]


awal keberadaan unicorn tak berselang lama sejak berakhirnya jaman kejayaan dinosaurus dan Naga,.yaitu "Era Cenozoic" ,. bentuk awalnya tidaklah seperti yang diceritakan pada masa sekarang,. yaitu seperti seekor kuda,. tetapi lebih mirip hewan berkuku,. jika diumpamakan pada hewan maa sekarang mungkin mirip sepeti unta, rusa,. kambing atau antelope,. satu satu bentuk asli unicorn adalah tanduknya,. sebenarnya,. unicorn pertama kali menampakan dirinya di Asia dan Afrika utara yang merupakan habitat asli dari antelope.
selain nenek moyang asli unicorn , Plioceros Abaequalis , tiga jenis unicorn yang telah punah juga dinyatakan turut berevolusi,. yaitu.

1.
The karkadan


mahluk ini adalah unicorn terbesar dari jenisnya,. habitatnya pada padang rumput dan gurun disekitar india dan persia dan sampai datarn afrika.(muncul disalah satu adegan film 300),. bentuk dan ukuran tubuhnya melambangkan keuatan yang tak terbatas,. sering disamakan dengan bentuk badak pada masa kini,. tetapi sebenarnya bentuk mahluk ini lebih mirip dengan Oryx antelope cantik berukuran raksasa.


2.
The kirin


mahluk ini adalah keluarga unicorn yang paling langka,. mahluk aslli Asia timur.yang sangat pemalu,. sehingga informasi yang didapatkan sangatlah sedikit,. punggungnya berbintink warna putih atau keemasan dengan bentuk dan motif yang berbeda beda,. hanya saja bentuk tanduknya berbeda beda atara satu kirin dengan yang lain.. mahluk yang selalu menghindari pertarungan ini biasanya dijadikan symbol kedamaian dan kesejahteraan,. tanduknya relatif berukuran lebih kecil,. bulunya mirip bulu rusa dan ekor seperti ekor lembu.di bagian perutnya mempunyai wrna yang bermacam macam,. beberapa seniman merepresentasikan wujudnya dengan sisik sisik yang meyerupai naga.

3.
The European Unicorn.

jenis ini adalah yang paling dikenal oleh masyarakat,. mempunyai tanduk tunggal di dahinya,. bentuk kuda dengan warna putih,. Unicorn dewasa mempunyai tinggi sekitar 3.5 kaki dengan berat ratusan Pounds. yang betina lebih kurus dan kecil.
tanggapan tentang unicorn




"tubuhnya berwarna putih,. kepalanya berwarna merah tua dan matanya berwarna biru tuamempunya tanduk sepanjang 1.5 kaki yang berada didahinya.
--Ctesias; Indica, 416B.C.


"bentuknya seperti singa,. raungannya seperti mengungkapkan bahwa ia tak kenal takut; melesat kencang seperti angin yang melewati jala,. indah seperti teratai terkena percikan air; seperti aku, seperti unicorn dengan tubuh penuh bintik.
Hymn of Buddha


"saat ini, ada seekor mahluk yang menyemburkan racun pada sumber air ketika matahari terbenam,. yang mengakibatkan manusia kesulitan untuk mendapatkan air untuk minum,. tetapi,. ketika matahari terbit,. Unicorn muncul dari lautan,. mencelupkan tanduknya kedalam sumber air, menyingkirkan racun didalamnya sehingga mahluk lain dapat ikut meminumnya,. aku melihatnya dengan mata kepalaku sendiri".
--Johannes van Hesse of Utrecht; 1389


"menjelang siang hari kami melihat sesosok mahluk muncul dari pegunungan yang memilliki batu berwarna merah dan hitam,.. pemandu kami bilang, bahwa mahluk itu adalah unicorn,. dikenali dari tanduk tunggal yang berada didahinya,. dengan seksama kami memperhatikan mahluk mengagumkan ini,. sayangnya,. kami tidak bisa terlalu dekat untuk memeriksanya dengan lebih teliti..
--Friar Faber; 1438
--Johannes van Hesse of Utrecht; 1389


"sekarang,. kami yakin,. bahwa itu adalah unicorn.
--William Shakespeare; The Tempest


"tahukah kamu,. au selalu berfikir bahwa unicorn adalah mahluk yang luar biasa,. tetapi aku belum pernah melihatnya secara langsung.. "sekarang, kau sudah melhatku,' kata unicorn, 'jika kau percaya kepadaku,. aku juga akan mempercayaimu."
--Lewis Carroll; Through the Looking Glass


di india,. Unicorn dipandang sebagai mahluk suci hasil keajaiban alam,. begitu juga pendapat Budha,. menurut legenda ketika Buddha sedang berkhotbah di benares,. unicorn mendatanginya dan berlutut dihadapannya. Di cina, Unicorn adalah salah satu mahluk dari 4 mahluk (Naga, phoenik dan kura kura) yang membantu dalam penciptaan dunia. diantara mongolia dan tibet, unicorn digambarkan sebagai sesosok antelope bertanduk satu dengan kualitas cerita mistis yang rendah,. pada awal abad 18 masyarakat setempat menyatakan bahwa smereka seringkali memburu dan memakan unicorn,. mereka engira bahwa unicorn adalah sejenis antelope yang cacat,. disekitar himalaya,. keberadaan unicorn konon masih ada,.. sampai mereka benar benar ditemukan,. kita tidak akan mengetahui dengan pasti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar